Thursday, February 9, 2012

How to Get in China?


Masuk ke negara China memerlukan visa yang kita urus di kedutaan china di Indonesia. Pada tahun 2011 pengurusan visa masuk China terbilang sangat mudah. Cukup mengisi formulir ( yang bisa di download di internet ) , passfoto berwarna 4 x 6 , dan pasport asli. Masukkan hari ini, 4 hari kemudian visa anda sudah ditangan cukup dengan menebus biaya visa sebesar Rp. 540.000,- ( tidak perlu agent untuk pengurusan ini jika anda punya cukup waktu untuk melakukannya ).

Pada tahun 2012, pemerintah China melalukan persyaratan baru untuk pengajuan visa, saya sendiri belum dapat berasumsi berapa sulitnya pengajuan visa tersebut di berikan, tapi yang bisa saya berikan adalah sedikit bocoran mengenai peraturan baru pengajuan visa China di tahun 2012, sebagai berikut :
  • Passport yang masa berlakunya masih 6 bulan, ( paspor lama tidak perlu dilampirkan ) Cover passport harus dilepas ( passport harus tanpa cover).
  • Fotocopy bukti keuangan / Rekening koran / Tabungan pribadi 1 bulan terakhir min. USD.2000 / pax --> kurang lebih rp. 20 juta /pax. Jika berbentuk deposito, yang diperbolehkan hanya deposito 1 bulan atau 3 bulan. Deposito 6 bulan dan 1 tahun tidak diperbolehkan. Tetapi Rekening / Account yang baru buka diperbolehkan
  • Ticket Asli PP dan fotocopy nya. Untuk Electronic ticket, diharuskan melampirkan bukti pembayaran lunas ticket tsb
  • Bukti pemesanan hotel di China, di mana nama pemesan harus sama dengan pemohon visa. Bisa berupa fax, scanning atau fotocopy. Jika di China tinggal di rumah family : harus melampirkan surat undangan dari family nya boleh berupa fax / email dalam bahasa Inggris / Mandarin & lampirkan copy ID nya, No. telpon dan alamat ny
  • Di Formulir Visa : cantumkan Nama kantor + alamat kantor + no. telpon kantor + tuliskan bidang apa usahanya (misal : garment,computer, dll )
  • Jabatan di kantor , no. telpon rumah / H
  • 1 lembar pasfoto background PUTIH( lihat keterangan di bawah mengenai foto)
  • Jika suami istri : lampirkan copy Kartu Keluarga
  • Mengisi Formulir Visa harus huruf KAPITAL
  • Untuk Visa China 2x Masuk : harus melampirkan tiket 2x masuk & Hotel 2x masuk
  • VISA CHINA BISNIS : Harus ada Calling Visa ASLI ( Fax, Scanning, fotocopy tidak boleh). Calling Visa = Surat Izin Visa dari instansi pemberi visa di China.
Eittttts..... Jangan stress dulu setelah membaca "post" ini, ada baiknya anda datangi atau hubungi kedutaan China di Indonesia, untuk mendapatkan keterangan resminya terlebih dulu ke institusi resmi kedutaan china untuk pengurusan Visa China PT. China Visa Services Indonesia , yang beralamat di :
Gedung The East Tower , lt. 2
Jl. Mega Kuningan Blok E3.2 Kav.1
Karet Kuningan, Jakarta Selatan 12950
Tel (62-21) 576-1039
Fax (62-21) 576-1034
Email political@chnemb.or.id
Website
http://www.chinaembassy-indonesia.or.id/


Visa on Arrival , bisa diperoleh dari 2 kota dibawah ini :

1. Shenzen (di lokasi sbb : Huanggang Port, LouHu Port, Shekou Port, Fuyong Port).
VoA ini diperuntukan bagi para pengunjung yang mengunjungi Hongkong sebelum masuk ke China. Harga Visa on Arrival adalah RMB 168 (kecuali untuk kebangsaan Inggris dan Amerika) dengan masa berlaku 5 hari. Visa ini HANYA berlaku untuk kota di kota Shenzen, tidak bisa berpergian ke kota lain di China dengan menggunakan Visa ini, Kecuali apabila bepergian dengan jalan darat . Apabila bepergian via udara maka pihak imigrasi akan memeriksa jenis Visa di pasport kita, dengan catatan nanti apabila akan keluar dari negara China HARUS keluar melalui Shenzen (lagi).

Berikut informasi jam pelayanan Visa on Arrival di masing masing port :
Luohu Port: 09:00 - 22:30
Huanggang Port: 09:00 - 13:00, 14:30 - 17:00
Shekou Port: 08:45 - 12:30, 14:30 -17:30
Fuyong Port: 08:30 - 17:30

2. Zhuhai (lokasi di Gongbei Port)
Diperuntukan bagi para pengunjung yang mengunjungi Macau sebelem masuk ke China. Harga Visa on Arrival adalah RMB 168 (kecuali untuk kebangsaan Inggris dan Amerika) dengan masa berlaku 3 hari.
Sama seperti hal nya VoA (Visa on Arrival) Shenzen, VoA Zhuhai pun HANYA berlaku di kota Zhuhai

Persyaratan untuk China Visa on  Arrival :
1. Pasport yang masih berlaku (min 3 bulan)
2. Mengisi formulir Visa on Arrival
3. Pasfoto dengan back ground terang 4 x 3 (bisa di foto langsung di tempat)
4. Mermbayar Visa Fee

Waktu pengerjaan kira kira 15 menit.



No comments:

Post a Comment