Thursday, February 9, 2012

Diet ala China ( versi kami )

Diet ala China versi kami , mungkin tidak bisa di ukur keakuratannya, karena saya sendiri sulit untuk mencobanya setelah beberapa bulan disini. Mungkin karena lidah saya tidak bisa menerima cara makan mereka yang seperti itu. Untuk yang mau coba silahkan ya...

1. Jam makan yang teratur

Masyarakat di negara ini biasa menerapkan pola jam makan secara teratur.
Pagi hari sekitar jam 07.00 pagi, mereka sudah breakfast
Siang hari sekitar jam 11.30 - 12.30 adalah waktu makan siang mereka
Makan malam sudah mereka mulai jam 17.30 - 18.30
Hal ini terlihat dari kebiasaan penduduknya berkumpul di meja makan pada jam makan, restoran yang beroperasi hanya pada jam makan (kecuali cafe atau coffee shop), dan para pekerja akan otomatis meninggalkan meja kerjanya untuk istirahat makan pada jam itu. Pola seperti ini sudah sangat teratur mereka jalani setiap harinya.

( note : jika anda bekerja di tour & travel yang membawa rombongan turis dari China, perhatikan jam makan mereka, krn mereka sudah terbiasa teratur di jam makan sebelum anda terkena komplen )

2. Makan banyak tapi tidak gemuk

Jangan heran setiap kamu diundang makan oleh orang China, mereka jarang sekali memesan makanan dalam jumlah sedikit. Mereka bisa menghidangkan lebih dari 10 macam makanan dalam satu meja makan.
Sudah pasti makanan tersebut terdiri dari macam-macam daging (mis. sapi, kambing, babi, ayam ), ikan besar dan ikan kecil ( yg dimasak secara berbeda), macam-macam sea food, sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, kue ringan, nasi, bihun/ mie, bir / wine ( ini sudah wajib dihidangkan dalam jamuan makan malam). Jika kamu ditanya mereka akan makan semua makanan itu , jawabannya Ya.

Perlengkapan makan mereka adalah piring kecil/ yang sering kita sebut tatakan, mangkok kecil, sumpit  (banyak-banyak berlatihlah menggunakan alat makan satu jika ingin ke China jika kamu jarang menggunakannya ) dan piring kecil untuk menyajikan kecap asin/soya sauce

Mungkin ini yang sedikit mengherankan bahwa piring kecil (tatakan) yang ada di meja bukan dipergunakan sebagai piring dimana kita akan meletakan makanan yang kita ambil tetapi untuk mengumpulkan sisa sisa makanan (sprt tulang, ataupun makanan sisa lain nya). Di restoran besar para pelayan akan mengganti piring kecil ini secara rutin, mengambil piring yang sudah penuh dan mengganti nya dengan piring yang bersih.

Jadi, makanan yang kita ambil dari tengah kita harus tempatkan di mangkok kecil (aneh bukan ?).

Kuncinya adalah mereka makan di tempat makan yang kecil, sehingga seberapa banyak kamu ambil makanan tidak akan cukup jika diletakan semua kedalam mangkok kecil tersebut, sehingga kamu berkewajiban menghabiskan satu demi satu makanan yang kamu ambil untuk dihabiskan terlebih dahulu, baru kemudian kamu menyantap makanan yang lainnya.

Nasi adalah jenis makanan terakhir yang biasa dihidangkan. Mereka menganggap nasi itu adalah makanan pengenyang jika kamu merasa masih belum cukup menyantap lauk pauk yang sudah di hidangkan. Jika sudah berada di jamuan makan malam seperti ini, tentu saja sebanyak apapun hidangan di sajikan, sebagai orang indonesia yang terbiasa menyentuh nasi, rasanya kami belum makan jika tidak makan nasi.


3. Makanannya asin-asin

Hampir semua makanan yang mereka sajikan PASTI disediakan juga kecap asin/soya sauce. Lidah mereka biasa menerima makanan dengan rasa yang asin, jarang sekali mereka menggunakan kecap manis, atau tomat dalam membuat hidangan makanan.
Jarang sekali kita melihat orang-orang china ini, menjadikan biskuit, permen, atau apa saja yang rasanya manis sebagai cemilan makanan mereka.
Pilihan mereka lebih kepada makanan dalam kemasan praktis yang siap untuk di santap , seperti ayam/ bebek/ cumi/ tahu kemasan, yang sangat mudah sekali kita jumpai di mini market.


4. Teh tawar dan teh Pahit

Jika dibandingkan Teh VS Air Putih, pilihan mereka jatuh di teh , semakin pahit semakin mereka suka, dan semakin pahit semakin harganya mahal. Teh itulah minuman mereka sehari-hari, tidak jarang kita melihat laki-laki dan perempuang membawa kemasan botol minum berisikan teh. Bagi mereka teh memberikan banyak manfaat untuk tubuhnya.

Pengalaman kami, harga sebuah galon air minum tiap bulan selalu berubah, jika musim panas harga naik bekisar 1 - 2 RMB, sedangkan musim dingin harga turun 1-2 RMB. Karena peminat air putih di negara ini, sangat sedkit, jadi harga disesuaikan dengan permintaan pasar. 

5. Fresh Food

Berbagi pengalaman dengan teman expatriat seperti kami dari negara Chile, bahwa hidup mereka menjadi lebih sehat sejak tinggal di China. Makanan yang mereka santap banyak berupa sayuran fresh, dan jika makan daging-dagingan daging tersebut langsung dimasak untuk dimakan.
Jadi tidak akan mengherankan apabila kita pergi ke restoran akan tersedia aquarium yang berisi ikan / kepiting / udang dll dan semuanya dalam keadaan hidup. (di beberapa restoran juga bisa dilihat burung dara dan ayam hidup)

6. Yang ini boleh di coba boleh tidak ( BIR 1 box per orang dan WINE 1 botol per orang)

Kekuatan minum , minuman beralkohol orang China sangat luar biasa. Dalam sebuah perjamuan makan malam seseorang dapat meminum 1 krat bir/ 1 botol wine. Ini adalah budaya hidup mereka, jika ada seseorang yang bersulang dengan anda, maka anda harus membalasnya kembali, dan itu terjadi berulang-ulang sampai jamuan makan malam itu berakhir. Akan sangat santun / dihargai apabila anda bersulang kepada setiap orang yang ada di meja (dengan cara berputar) dengan Bir atau Wine yang sedang anda minum (bayangkan apabila anda makan malam  bersama 8 orang dalam satu meja dan setiap orang melakukan hal yang sama).

Bila jamuan makan malam anda pukul 5 sore, besar kemungkinana anda sudah bisa tidak sadarkan diri pada pukul 7 malam (!!), akibat terlalu banyak alkohol dalam tubuh anda.

Jika sudah begini "Jackpot", makanan anda yang anda santap selama jamuan makan malam, tidak terbendung lagi untuk di keluarkan. Alhasil, tidak ada nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anda. ( untuk yang terakhir ini, harus kembali kepada kemampuan anda meminum alkohol )

Nah... sekarang bagaimana dengan anda? mau mencobanya? Selamat mencoba :)

1 comment:

  1. ada info menarik yang WAJIB anda tengok nih seputar kemasan makanan yang unik dan praktis di http://montespro.blogspot.com/2012/12/kemasan-produk-unik.html , selamat melihat-lihat terimakasih :)

    ReplyDelete