Thursday, July 26, 2012

Historic buildings in the First Congress of the Communist Party of China

Menambah pengetahuan mengenai sejarah suatu negeri yang sedang kita kunjungi adalah dengan cara berkunjung di museum. Hal ini yang kami lakukan juga ketika berkunjung di kota Shanghai.

Museum pertama yang kita kunjungi adalah obyek sejarah terkenal dari Shanghai, yaitu exhibition of historical relics showing the founding of the communist party of China, yaitu tempat Kongres Nasional Pertama Partai Komunis Cina. Dimana bangunan tersebut merupakan tempat kediaman anggota Partai Komunis, yang pada tanggal 23 Juli 1921, 13 anggotanya mengadakan kongres partai komunis nasional pertamanya di sini. Dan ditandai sebagai hari lahirnya partai.

entrance of the museum
Memasuki museum ini, tidak dikenakan biaya/ tiket masuk ( free). Jam buka mulai pukul 09.00 - 17.00. Bagian depan musium begitu kita masuk bangunan ini akan langsung diperlihatkan bagaimana bentuk bendera komunis China, yang berwarna merah menyala dan terdapat simbol Sabut dan Palu di sudut kiri atas bendera.
Simbol "Palu" dan "Sabut" mempunyai arti penting bagi rakyat China, "Palu" mewakili para buruh dan "Sabut" mewakili para petani, simbol yang menyilang muncul sebagai bentuk pengkomunikasian bersatunya kaum buruh dan petani dalam revolusi Bolshevik tahun 1917 di Rusia. Tahun 1922 penggunaan lambang palu dan sabit menyilang dengan latar belakang merah diresmikan menjadi bendera komunis di seluruh dunia.

Di ruang tamu di lantai pertama di mana kongres diadakan, semuanya ditempatkan seperti yang 84 tahun lalu.  Lebih dari seratus relik revolusioner, dokumen, dan foto yang dipajang menciptakan suasana megah di ruangan 18 meter persegi (194 sq ft). Di lantai atas adalah ruang pameran dari 450 meter persegi (4.860 sq ft). Pameran meliputi sejarah kelahiran Partai, selain itu, di dalam terdapat patung lilin yang sangat mirip dengan aslinya memberikan visalisasi yang sangat jelas bagaimana kondisi pertemuaan pada saat itu, dimana Kedua belas anggota lainnya mendengarkan dan tersenyum saat Mao Zedong, pendiri RRC, membuat pidatonya.

Sayangnya , kami tidak dapat meneruskan mengabadikan apa saja yang terdapat di dalam museum ini, karena mengambil gambar/ foto tidak diperkenankan, Sehingga kami tidak sampai dapat mengabadaikan bagaimana bentuk patung lilin dari anggota yang hadir dalam pertemuan tersebut.


Lokasi museum ini terletak di Jalan No.76 Xingye, area sekitar bangunan ini mengalami renovasi pada tahun 1999 dan di atur dengan sangat apik untuk dapat menjadi daya tarik wisatawan, karena di area ini juga menawarkan berbagai restoran, coffe shop, tempat shopping hingga wisata taman dengan danau yang sangat cantik. Tempat ini pun menjadi rekomendasi bagi yang suka foto-foto dengan background bangunan bersejarah.  



Cara mencapai lokasi ini :

Bis : No. 17, 109, 304 atau 932 dan turun di South Huangpi Rd. Station.
        No. 146 dan telusuri jalan dan belok kiri di kantor pos Xintiandi  

        atau menggunakan City Sightseeing Bus untuk tiba dilokasi secara langsung.

Subway/ Metro : Line 1 dan turun di  South Huangpi Rd. Station, menuju di pintu Exit 2 dan jalan terus menelusuri South Huangpi Road hingga menemukan Xingye Road yang berada disisi sebelah kanan

No comments:

Post a Comment