Monday, July 23, 2012

Shanghai or London ??


Sangat menarik ketika kami berjalan-jalan di kota Shanghai. Salah satu kota yang terkenal sebagai kota tersibuk di dunia. Sejarah Shanghai bermula dikarenakan posisinya yang sangat strategis di mulut sungai Yangtze menjadikan lokasi ideal untuk perdagangan dengan dunia barat masuk ke daratan China.

Hal ini diperkuat ketika pada saat perang Opium pertama di awal abad ke-19. Pasukan Inggris ditempatkan sementara di Shanghai hingga perang berakhir.  Perang tersebut berakhir dengan ditandatanganinya Perjanjian Nanjing pada tahun 1942,  membuka beberapa pelabuhan-pelabuhan tertentu, termasuk Shanghai, untuk perdagangan internasional.

 
The Bund


Maka tidak heran jika kita menelusuri sekitaran lokasi The Bund, masih terdapat peninggalan pada masa lampau yang tercermin dari bangunan-bangunan tua yang masih dilestarikan. Dan jika kita perhatikan bangunan-bangunan tersebut diadaptasi dari bangunan-bangunan dari negara Inggris.







Bangunan yang dilestarikan ini menjadi daya tarik utama dari kota Shanghai karena kita dapat melihat dengan jelas bagaimana pada abad-abad yang lampau, China mendapat unsur perpaduan budaya yang akhirnya terbentuk kebudayaan China yang unik. Penduduk Shanghai sejak dahulu sudah terkenal dengan gaya hidup kebarat-baratan, dan tradisinya yang mengejar gaya hidup dan mode dapat kita perhatian dari novel-novel , film, opera yang sering dipertunjukan.

British Consulate

Caranya sangat mudah untuk mencapai lokasi ini.
Bis no 55 or 307 dan turun di East Nanjing Road Station.
Bis no. 37, 576, or 928 dan turun di East Nanjing Road / The Bund Station.
Bis 33, 37, 65, 305, 910, 912 dan turun di East Zhongshan 1st Road / East Nanjing Road Stasion.
Bis 65, 123,  135, 576, 910, 928 dan turun di Zhongshan 1st Road / Hankou Road
Rute Bis turis : Line 8 dari Shanghai Stadium (Gate 4) ke East Nanjing Road / The Bund atau bis City Sightseeing dan turun di the Bund.

Subway/ Metro: Line 2 atau Line 10 exit 5 ke East Nanjing Road Station. 10 minutes jalan kali menuju sungai Huangpu

Ferry:  Ferry Dock atau The Bund di Puxi dan Dongchang Road Ferry Dock in Pudong. 

No comments:

Post a Comment