Friday, July 27, 2012

People Square, a place where thousands of people meet

People's Square
Berada di antara 1000 orang setiap hari, disinilah yang disebut People's Square Shanghai. Tempat di mana warga Shanghai hingga wisatawan berlalu lalang menelusuri jalan yang di buat khusus sebagai jalan pedestrian mulai dari West Nanjing Road hingga menuju ke East Nanjing Road. Posisi People's Square berada terletak di tengah-tengah kota Shanghai dan menjadi titik posisi utama diantara East Nanjing Road and West Nanjing Road dengan dilintasi Jalan Yan'an Gaojia Road di selatan, Huangpi Road Utara serta Tibetan Central Road di sebelah timur.  

Daerah ini dulunya arena balap kuda dan pernah dinobatkan sebagai 'arena balap No.1 dari Timur' namun setelah partai Komunis berkuasa di China diberlakukan larangan untuk berjudi sehingga balapan kuda ini diberhentikan. Pada tahun 1949, di area ini dibangun dua buah taman di sisi utara dan selatan.
Akhirnya di tahun 1993 melalui suatu rekonstruksi besar yang meliputi area sekitar 140.000 meter persegi kedua taman tesebut digabungkan dan menjadi jalan pedestrian terbesar di Shanghai.








Daya tarik tempat ini adalah sangat banyaknya jumlah manusia di satu tempat dalam satu waktu dan juga pemandangan gedung-gedung bertingkat disekelilingnya yang merupakan perkantoran, hotel-hotel mewah, hingga pertokoan megah.


Kami pernah berada di tempat ini dan menyaksikan sendiri situasi di pagi hari, maupun di malam hari (tengah malam). Sekitar pukul 05.30 sudah terlihat beberapa kelompok orang di beberapa titik yang sedang melakukan olah raga senam khas China, Taichi. Ada juga orang -orang yang lari pagi atau sekedar jalan pagi.

Menjelang pukul 07.00 daerah ini mulai di peniuhi oleh orang orang yang akan berakat kerja dan juga mulai di buka nya toko toko yang menjual sarapan pagi, seperti roti, bakpao, kue kue khas china, nasi gulung dan banyak lagi. Kantor kantor di Shanghai pada  umumnya mulai beraktifitas pada pukul 08.00 hingga pukul 17.00, sedangkan pertokoan mulai beroparasional sekitar pukul 10.00 hinggan pukul 22.00. Bagi kamu yang menyukai wisata berbelanja, jangan lewatkan untuk mengunjungi pertokoan bawah tanah yang terdapat di stasiun Metro People's Square. Ditempat ini menawarkan variasi barang yang tidak kalah dari pertokoan mewah dengan harga yang masih bisa di tawar sehingga lebih murah.



Saxophone performance at the  balcony
 Yang menarik, di sore hari menjelang malam di beberapa sudut tempat ini, terdapat sekelompok orang yang berkumpul dan kami sangat yakin mereka tidak saling mengenal sebelumnya, untuk berdansa bersama, bernyanyi bersama layaknya paduan suara dengan bermodalkan mini compo untuk memutarkan kaset/Cd karaoke yang sengaja mereka bawa untuk mengajak orang lain bergabung menyanyi atau berdansa dengan mereka. Bahkan kita dapat menyaksikan pertunjukan saxophone yang berasal dari salah gedung di area People's square yang hampir diadakan setiap malam sekitar pukul 19.00 untuk para pejalan kaki (sungguh menarik bukan?)

Jika sudah puas berjalan-jalan di People's square, kamu juga boleh meneruskan tujuan ke beberapa tempat yang letaknya berdekatan dengan lokasi ini, yaitu Gedung Baru Pemerintah yang disebut "Shanghai Municipal Government Mansion" yang terletak di utara People's Square, "Shanghai Museum" yang terletak di sebelah selatan People's square, "Shanghai Grand Theater" di sudut barat laut dengan bangunan tersebut berkonstruksi kolosal yang hampir seluruhnya terbuat dari kaca yang menyeimbangi dengan Shanghai Urban Planning Exhibition Hall yang lokasinya ada di timur dan di sisi timur laut.

Cara Menuju ketempat ini dengan menggunakan :

Subway Line 1, Line 2, Line 8

No comments:

Post a Comment